Hak seorang muslim dari muslim yang lainnya adalah sebagai berikut:
1. Mengucapkan Salam
2. Undangan yang harus dipenuhi
3. Jika meminta nasihat, berilah
4. Jika bersin mengucapkan Alhamdulillah, maka doakanlah.
5. Jika sakit, jenguklah
6. Jika meninggal, antarkan jenazahnya.

Penjelasan dari hak-hak tersebut sebagai berikut:
1. Mengucapkan salam, dalam surat An-Nur ayat 27 Alloh berfirman "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat.". Jika bertamu ke rumah seorang muslim, maka ucapkanlah sama, jika sampai tiga kali mengucapkan salam tetapi tidak mendapatkan jawaban, maka pulanglah. Ucapan salam dari seorang muslim wajib dibalas dengan salam. Dalam Surat An-Nisa ayat 86 Alloh berfirman:"Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa)[327]. Sesungguhnya Allah memperhitungankan segala sesuatu. [catatan kaki 327]"Penghormatan dalam Islam ialah: dengan mengucapkan Assalamu'alaikum."


2. Jika mengundang, wajib dipenuhi. Undangan walimah suatu pernikahan dari seorang muslim wajib dipenuhi. Jika dalam acara walimah diperkirakan adanya maksiyat, maka datanglah sebelum acara atau sesudah acara walimah tersebut, dan jangan lupa nasehati saudara muslim tersebut untuk meninggalkan maksiyat tersebut.

3. Jika bersin dan mengucapkan Alhamdulillah, maka wajib didoakan. Tetapi jika bersinnya berlanjut lebih dari tiga kali, maka nasihati dia untuk berobat, karena jika bersin lebih dari tiga kali, kemungkinan bersin yang disebabkan karena adanya penyakit. Muslim yang bersin tetapi tidak mengucapkan alhamdulillah tidak perlu didoakan.

4. Menjenguk orang sakit, hukumnya fardu kifayah, jika satu orang sudah menjenguk, maka kewajiban menjenguk muslim lainnya sudah gugur. Tetapi jika memungkinkan maka jenguklah orang yang sakit tersebut, karena menjenguk orang yang sakit pahalanya sangat besar, 70 ribu malaikat akan mengucapkan salawat kepadanya sampai sore (jiak menjenguk waktu pagi) atau sampai pagi (jika menjenguk di waktu sore). Orang kafir boleh dijenguk, disarankan sambil berdakwah untuk masuk islam. Pada saat seorang sedang sakit biasanya kondisinya lemah dan putus asa, maka bangkitkan semangatnya dan timbulkan rasa Roja (berharap) bahwa Alloh akan menyembuhkannya.

1 comments
  1. Andi Amran May 5, 2015 at 8:33 AM  

    Sabun BIOGANO yg terbuat dari mentimun membantu mengangkat sel kulit mati, mremajakan kulit,melembutkan kulit dan mengencangkan kulit wajahmu. gak perlu mahal hanya 110 ribu dpt 4 picis sabun Biogano + hak usaha free website buat laporan usaha,jaringan,laporan pendapatan dan laporan bisnis anda dan bisa membantu kita untuk mendapatkan penhasilan tanpa harus jualan atau ke kejar target apapun.Cukup ngeluarin rp110ribu hanya 1 kali seumur hidup dengan bermodalkan ajak teman kamu beli sabun Biogano,kamu sudah menikmati bonus yang terus mengalir tanpa henti masuk rekening.sdh terbukti loh guys bikin wajah mulus &memperbanyak saldo di rekening.info: Hp. 085-397-277-984
    http://www.biogano.com/?id=BIO0007210

Post a Comment