Kajian pada tanggal 30 Mei 2010 diisi oleh Ustad Mahfud Umri Lc, dengan judul diatas.
Keluarga adalah merupakan harta yang paling mahal yang kita miliki, karena seorang ayah berusaha untuk memenuhi kebutuhan anak dan istrinya. Yang bisa diraih oleh sebuah keluarga dalam kehidupan dunia ini diantaranya adalah, bisa bercanda bersama keluarga, bisa berekreasi menikmati keindahan alam ciptaan Allah Subhanahu Wata'ala, menikmati makanan di meja makan dirumah bersama-sama.
Tentunya kondisi kebahagiaan seperti itu jangan sampai hanya berhenti disitu saja, tentunya kita ingin kebahagiaan ini berlanjut terus menuju ridho Allah Subhanahu Wata'ala, yaitu bisa bersama dengan keluarga kita di sorga. Dimana ini dijamin oleh Allah dalam Alquran surat At-Thuur ayat 21 yang artinya "Dan orang-oranng yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya"

Maknanya di sorga itu bertingkat-tingkat, apabila seseorang masuk pada tingkat tertentu maka tidak bisa bertemu dengan yang lainnya, apabila mereka berbeda tingkat, kecuali yang telah diridhoi dan mendapakan izin dari Allah Subhanahu Wata'ala diantaranya adalah satu keluarga.Alhafidh Ibnu Katsir mengatakan: Allah Subhanahu Wata'ala telah menghabarkan, Dengan keutamaanNya dengan kemuliaanNya dan dengan karunia Allah serta kelembutan Allah dan kebaikan Allah kepada makhlukNya, Alloh menghabarkan bahwa orang orang yang beriman kemudian diikuti oleh keturunan mereka dengan keimanan maka kami kumpulkan bersama bapak-bapaknya bersama keluarganya dalam satu manzillah (dalam satu tingkatan). Meskipun satu sama lain berbeda ibunya, maka keluarga itu akan dikumpulkan untuk apa...agar menyejukkan pandangan Bapak-bapak mereka ketika mereka berada dalam satu tingkatan.

Ada empat poin jalan menuju sorga bersama keluarga yaitu:
1. Tauhid: mengesakan Alloh, lawannya adalah kesyirikan (menyekutukan Allah)
2. Birul Walidain: berbakti kepada kedua orang tua, lawannya adalah durhaka kepada orang tua.
3. Silaturahim: menyambung ikatan silaturahim, lawannya adalah memutus silaturahim.
4. Akhlakul karimah: akhlak yang baik, lawannya adalah akhlak yang buruk

Untuk mendengarkan kajian selengkapnya anda bisa download rekamannya disini: Menuju bersama keluarga Bersama Keluarga (Ust Mahfud Umri Lc)
Dan tanya jawabnya dapat di download dari link: Tanya Jawab Menuju Surga bersama keluarga

0 comments

Post a Comment