NAMIMAH

Posted by Relife | 3:03 PM

Namimah adalah penyampaian omongan sebagian orang kepada orang yang lain, yang berdampak merusak.

Ancaman bagi orang yang berbuat namimah:
1. Tidak masuk surga sebagaimana Sabda Nabi Shollallohu 'Alaihi Wassalam: "Tidak akan masuk sorga orang yang suka namimah" (HR Bukhari dan Muslim). Ini adalah dalil bahwa namimah termasuk dosa-dosa besar.

2. Akan disiksa dalam kuburnya. Rosulullah Shollallohu 'Alaihi Wassalam pernah lewat di samping dua buah kuburan lalu beliau bersabda: "Sesungguhnya keduanya ini sedang disiksa, dan keduanya disiksa bukan karena sesuatu yang besar ~menurut anggapan mereka~ justru ia adalah besar. Adapun salah satunya dia dahulu biasa berjalan menyampaikan namimah, sedangkan yang satunya dia tidak hati-hati dari air kencingnya" (HR Bukhari dan Muslim)

Nasihat Untuk Setiap Muslim.
Saudaraku,..renungkanlah beberapa nasihat berikut agar engkau selamat dari adzab Alloh Subhanahu Wata'ala dan beruntung mendapatkan ridha-Nya:
a. Alloh Subhanahu Wata'ala berfirman:Artinya: Tiada suatu ucapanpun yang diucapkan, melainkan ada didekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir (QS Qaf (50): 18)

Apa saja yang engkau ucapkan, akan dicatat oleh malaikat-malaikat Alloh Subhanahu Wata'ala dan akan dibalas pada hari kiamat. Boleh jadi engkau menganggap ucapanmu itu suatu yang remeh, namun bernilai dosa besar di sisi Alloh Subhanahu Wata'ala, sebagaimana Sabda Rosululloh Shollallohu Wasallam: Sesungguhnya seorang hamba berbicara dengan satu kalimat yang ia tidak memikirkannya ~apakah kalimat itu baik atau tidak ~ lalu menyebabkan ia tergelincir ke neraka lebih jauh daripada jarak antara timur dan barat" (HR. Bukhari dan Muslim)

b. Janganlah engkau sia-siakan pahala amal soleh dengan ghibah atau namimah, karena barang siapa yang menghibah seseorang maka nanti pada hari kiamat sebagian dari pahalanya akan diberikan kepada orang yang dighibahi.

0 comments

Post a Comment