Kajian Majelis Ta'lim As-Sunah, pada tanggal 13 Juni 2010, disampaikan oleh Ustad Abu Yahya Badrussalam, yang bertemakan "Kesempurnaan Islam", berikut ini adalah cuplikan sedikit dari kajian tersebut, dan jika anda menghendaki untuk mendapatkan versi audionya silahkan mendownload dari link yang kami sediakan pada akhir srtikel ini.

Kesempurnaan islam merupakan kenikmatan yang agung untuk umatnya. Islam telah sempurna sebagaimana disebutkan dalam Alquran surat Almaidah ayat 3: "...Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu"
Ayat ini turun pada saat Rosulullah shalallohu'alaihi wassalam, melaksanakan haji wada yang terakhir pada tahun ke sepuluh, pada hari Jumat sore di hari Arafah. Ibnu katsir mengatakan bahwa "ini adalah nikmat Alloh yang paling besar kepada umat ini dimana Alloh menyempurnakan untuk mereka agama mereka, sehingga mereka tidak butuh lagi pada agama selainnya, dan tidak butuh pula seorang Nabi pun selain Nabi mereka (Muhammad sholallohu 'alaihi wassalam). Karena itu, Allah menjadikan Nabi mereka sebagai penutup para Nabi dan mengutusnya kepada manusia dan jin. Tiada kehalalan kecuali apa yang dihalalkannya, tiada keharaman kecuali apa yang diharamkannya, dan tiada agama kecuali apa yang disyari'atkannya. Segala yang diberitakannya adalah kebenaran dan kejujuran. Tiada kedustaan dan pengkhianatan dalam dirinya"

Sebagai muslim, wajib mengimani ayat tersebut, dan yang mengakui bahwa islam belum sempurna berarti dia menolak Al-Quran. Konsekuensinya adalah:
1. Islam sudah mengatur seluruh yang berhubungan dengan kehiduoan manusia.
2. Kita tidak boleh membuat-buat cara tersendiri dalam agama, tidak boleh menambah-nambah sesuatu yang tidak disyari'atkan oleh Rasululloh shallalahu 'alaihi wasallam. Seperti dicontohkan seperti sebuah gelas yang sudah penuh diisi air, maka apabila ditambah satu tetespun, maka air itu akan tumpah (tertolak). Demikian pula dalam agama islam yang sudah sempurna, apabila kita menambahkan sesuatu, maka ditolak oleh Alloh subhanahu wata'ala, Rasulullah bersabda "barang siapa mengamalkan amalan yang tidak ada diatasnya perintah kami amalan itu, maka amalan tersebut tertolak. Tentang kesempurnaan islam ini diakui oleh seorang yahudi, dia berkata kepada Umar bin Khatab, sesungguhnya kalian membaca satu ayat yang ada dalam kitab kalian, kalaulah kepada kami (orang yahudi) ayat tersebut turun, maka akan kami jadikan hari itu sebagai hari Raya....

Untuk mendownload kajian versi audionya silahkan klik link berikut: 

0 comments

Post a Comment