iKajian Ustad Wijaya Rahmat kali ini tidak melanjutkan kitab Tauhid Jilid 1 sebagaimana biasanya, tetapi mereview kajian-kajian sebelumnya, dan himbauan agar setelah memperoleh ilmu dari pengajian rutin ini, dapat ditularkan kepada anak dan isteri dirumah, sebagaimana Surat At-Tahrim ayat 6, "Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan"

Laki-laki bertugas menjaga anak dan isterinya supaya tidak masuk neraka, laki-laki yang sudah berkeluarga, setelah menikah maka bagi laki-laki kewajibannya dan bagaimana hubungannya dengan isteri, tanggung jawabnya kepada keluarga (anak isteri) diterangkan oleh Allah di dalam Quran Surat An-Nisa ayat 34: " Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri[289] ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka)[290]. Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya[291], maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya[292]. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar."
Dalam ayat ini diterkangkan bahwa kaum laki-laki merupakan pemimpin kaum wanita, kenapa Allah mengamanatkan kaum laki-laki? yang sering kita dengar, saling membina, saling memimpin, saling membimbing. Tetapi ayat berbunyi "Arrijaalu Qawwaamuuna 'alannisaa" (laki-laki merupakan pemmpin kaum wanita). Disini artinya bertindak sebagai orang dewasa terhadap wanita, yang menguasai, yang mendidik, yang membimbing, yang mengarahkan, yang membina wanita yakni isterinya. Apa sebabnya Allah mengamanatkan kaum laki-laki untuk memimpin kaum wanita? sebabnya diterangkan dalam ayat berikutnya....silahkan mendengarkan rekaman kajian lengkapnya dengan mendownload melalui link berikut:

- Kajian Ustad Wijaya Rahmat tanggal 20 Juni 2010
- Kajian Ustad Wijaya Rahmat tanggal 20 Juni 2010 (tanya jawab)

0 comments

Post a Comment